Tanda dan Gejala Kanker Yang Perlu Diwaspadai

Tanda dan Gejala Kanker Yang Perlu Diwaspadai

Berikut potensi tanda dan gejala kanker yang perlu Anda waspadai.

Dalam rangka menjaga kesehatan, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan dini secara rutin untuk mencegah penyakit salah satunya kanker. Pemeriksaan dini kanker dapat mengenali keberadaan kanker sebelum adanya gejala.  Tidak semua potensi  tanda dan gejala kanker adalah kanker, sehingga untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan dari dokter.

Berikut potensi tanda dan gejala dari kanker:

1.       Perubahan kebiasaan buang air besar atau kandung kemih

Tandanya berupa mengalami konstipasi atau diare, tinja berwarna merah atau hitam, sering buang air kecil dan ada darah di urin.

2.       Benjolan di payudara atau di tempat lain

Perubahan yang terjadi termasuk adanya benjolan, cekungan, perubahan warna, perubahan sekitar payudara atau ada cairan yang tidak biasa.

3.       Ada perubahan di tahi lalat atau kutil

Terdapat perubahan di kulit seperti tumbuhnya tahi lalat atau kulit yang tidak biasa ataupun tahi lalat yang membesar.

4.       Batuk atau suara serak yang mengganggu

Batuk yang bertahan lama atau batuk kering selama beberapa minggu bisa menjadi tanda kanker paru-paru.

5.       Mengalami gangguan pencernaan atau sulit menelan

Anda mengalami ketidaknyamanan di perut selama lebih dari 2 minggu bisa menjadi tanda bahaya dari berbagai jenis kanker. Ataupun Anda kesulitan menelan dan merasakan makanan selalu berada di tenggorokan, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter.

6.       Penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas

Berat badan memang bisa berubah-ubah, namun jika berat badan Anda menurun tanpa adanya usaha atau perubahan nafsu makan, perlu diwaspadai jika hal ini dikarenakan kanker.

7.       Kelelahan yang tidak biasa

Anda mengalami perubahan energi, tidak merasa istirahat yang cukup meskipun tidur dengan baik, hal ini bisa berarti tanda dari kanker.

Jika Anda memiliki salah satu dari gejala diatas tidak berarti Anda terkena kanker sebelum ada penegakan diagnosis dari dokter namun ada baiknya Anda mewaspadai hal tersebut dan Anda dapat berbicara ke dokter mengenai tanda dan gejala yang Anda miliki sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut.  Tidak ada salahnya Anda memeriksakan diri untuk mendeteksi kanker sedari awal.

Sumber

Symptoms & Warning Signs of Cancer. 2022. Cleveland Clinic

17 Cancer Symptoms You Shouldn’t Ignore.  2021. UCSF Health

Early Cancer Warning Signs: 5 Symptoms You Shouldn’t Ignore. 2022. Hopkins Medicine