Apakah Cokelat Hitam Bisa Menurunkan Berat Badan?

Apakah Cokelat Hitam Bisa Menurunkan Berat Badan?

Cokelat hitam memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan salah satunya dalam mengurangi berat badan. Berikut penjelasannya. 

Cokelat hitam diketahui memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi otak.  Cokelat hitam juga adalah sumber antioksidan yang terbaik yang bisa didapatkan.

Berikut manfaat cokelat hitam dalam menurunkan berat badan:

1.       Meningkatkan sensitivitas insulin

Beberapa penelitian memaparkan bahwa cokelat hitam dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap insulin. Hormon insulin adalah hormon  yang berperan dalam mengendalikan gula darah.

Ini dapat membantu mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah yang akan menyebabkan gejala rasa lapar yang meningkat.

2.       Mengurangi rasa lapar dan nafsu makan

Studi menunjukkan bahwa cokelat hitam dapat mengurangi keinginan ngemil dan meningkatkan perasaan kenyang. Hal ini akan mendukung penurunan berat badan.  

Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengevaluasi bagaimana cokelat hitam dapat memengaruhi nafsu makan dan asupan makanan, dibandingkan dengan makanan lain.

3.       Meningkatkan mood

Cokelat hitam diketahui dapat mengubah suasana hati dan memengaruhi kesehatan mental.

Konsumsi cokelat hitam akan mengurangi tingkat stress  dan meningkatkan perasaan tenang dan kepuasan. Perasaan itu mungkin berasal dari apa yang disebut senyawa polifenol yang merupakan antioksidan berfungsi menurunkan hormon stress (kortisol).

Ketika perasaan Anda baik maka akan lebih membantu Anda untuk lebih mudah menjalani program menurunkan berat badan.

Meskipun cokelat hitam memiliki beberapa manfaat dalam menurunkan berat badan, perlu diperhatikan bahwa cokelat hitam memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi, selain itu gula tambahan dapat membahayakan jika dikonsumsi berlebihan. Oleh karena itu penting untuk mempertimbangkan porsi cokelat hitam dan kandungan cokelat hitam yaitu 70% kakao dan rendah gula.

Jika Anda membutuhkan bantuan mengenai kesehatan, Anda dapat menghubungi kami.

Sumber:

Can Dark Chocolate Help You Lose Weight. 2020. Healthline

7 Proven Health Benefits of Dark Chocolate. 2022. Healthline

What are the health benefits of dark chocolate? 2022. Medical News Today