Tips Untuk Rambut Sehat dan Kuat

Tips Untuk Rambut Sehat dan Kuat

Rambut yang sehat dan kuat adalah impian dari setiap orang. Berikut tips untuk rambut sehat dan kuat.

Rambut yang sehat, kuat, dan berkilau merupakan dambaan dari setiap wanita, namun untuk mendapatkan semua hal itu akan menjadi tantangan. Faktor genetik berperan terhadap jenis, kekuatan dan volume rambut tetapi Anda memperbaiki dan merawat rambut agar menjadi lebih sehat dan baik.

Beberapa tips ini dapat dilakukan untuk menjaga rambut agar kuat, sehat dan berkilau:

1. Perhatikan panas dari alat pengering rambut

Panas dari hair dryer, alat catokan rambut dan peralatan rambut lainnya dapat merusak rambut jika digunakan setiap hari. Batasin penggunaan hair dryer menjadi dua hingga tiga kali dalam seminggu agar rambut lebih terawat dan sehat. Gunakan alat catokan dengan bahan dasar keramik agar panas cepat merata. Selain itu, atur suhu panas ada standar yang telah ditentukan.

2. Keramas rambut dengan lembut

Keramas rambut akan membersihkan rambut dari berbagai kotoran dan minyak. Pilih sampo yang tepat untuk jenis dan permasalahan rambut yang sedang dihadapi.

3. Konsumsi protein yang cukup

Protein yang cukup sangat penting untuk pertumbuhan rambut dikarenakan folikel rambut kebanyakan tersusun dari protein. Makanan yang mengandung protein tinggi yaitu telur, ikan dan kacang-kacangan, bayam, dan daging.

4. Menggunakan masker rambut

Masker rambut dengan menggunakan kuning telur akan menjadikan folikel rambut lebih kuat selain itu kuning telur akan menstimulasi pertumbuhan rambut.

5. Gunakan aloe vera pada rambut dan kulit kepala

Aloe vera diketahui dapat membantu pertumbuhan sel rambut yang sehat dikarenakan mengandung vitamin B-12 dan asam folat.

6. Penuhi asupan vitamin

Rambut membutuhkan vitamin dan mineral tertentu agar sehat dan kuat.

Vitamin ini penting untuk pertumbuhan rambut yaitu vitamin A, B, C, D, E, zat besi dan zink.

7. Melindungi rambut dari paparan sinar matahari

Sinar matahari tidak hanya buruk bagi kulit namun juga pada rambut. Paparan sinar matahari akan membuat rambut lebih kering dan kusam.

8. Rutin potong ujung rambut

Rambut akan bertumbuh panjang seiringnya waktu sehingga memotong ujung rambut setiap 2 bulan sekali akan membantu rambut agar tetap sehat dan bebas dari cabang.

Jika Anda merasakan bahwa rambut Anda menjadi lebih rentan patah dan rusak atau rontok lebih banyak dari biasanya, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

Sumber

How to Stop Hair Breakage. 2022. Healthline
9 Tricks for Healthier, Fuller-Looking Hair. 2017. Healthline
Want Stronger, Healthier Hair? Try These 10 Tips. 2019. Healthline