Tips Makan Sehat

Tips Makan Sehat

Apa yang kita konsumsi akan memberi manfaat dan energi ke dalam tubuh. Tentunya kualitas dari makanan sangat penting. Berikut tips makan sehat yang dapat Anda terapkan di kehidupan sehari-hari.

Kenapa makan sehat itu penting?

Makanan dibutuhkan tubuh untuk bekerja dengan memberi energi, kalori dan nutrisi. Jika Anda kekurangan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi, maka kesehatan Anda mungkin akan terganggu. Sementara jika Anda konsumsi kalori yang berlebihan, Anda mungkin akan mengalami penambahan berat badan.

Kualitas dari pola makan Anda akan memengaruhi risiko terkena penyakit, usia dan kesehatan mental.

Jika pola makan Anda penuh dengan makanan yang diolah, Anda memiliki risiko lebih tinggi terhadap penyakit kanker atau jantung sementara pola makan yang bergizi akan meningkatkan angka harapan hidup dan terlindung dari penyakit.

Berikut beberapa tips untuk Anda memulai makan yang sehat:

  • Masak makanan di rumah

Makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian harusnya menjadi makanan utama. Anda dapat mencoba menggabungkan berbagai sayur-sayuran.

  • Masak makanan di rumah

Jika Anda memasak di rumah, maka Anda akan lebih mudah untuk mengatur menu makan sehari-hari yang lebih beragam. Meskipun memasak sendiri di rumah membutuhkan waktu untuk mempersiapkan makanan, namun dengan memasak sendiri akan lebih sehat.

  • Belanja kebutuhan secara rutin

Usahakan agar isi kulkas atau lemari dipenuhi dengan makanan yang sehat sehingga Anda akan lebih mungkin untuk mengkonsumsi makanan yang sehat.

  • Pahami bahwa diet pada awalnya tidak sempurna

Salah satu kunci keberhasilan ada progress bukan kesempurnaan. Jika biasanya Anda membeli makan diluar kemudian mulai mencoba memasak, hal ini akan menjadi progress yang baik.

  • Tidak boleh “cheat day” atau hari libur diet

Ketika melakukan diet, ada saatnya akan coba untuk berlibur diet. Jika Anda masih sekali-kali libur diet, maka hal ini menandakan pola makan Anda belum seimbang. Sementara jika Anda telah pelajari bahwa semua makanan bisa menjadi bagian dari pola makan yang sehat, maka tidak ada alasan bagi Anda untuk melakukan libur diet.

  • Hindari minuman manis

Mengurangi minuman manis sangat penting dilakukan. Minum minuman manis yang terlalu sering dapat membahayakan kesehatan.

  • Tetap terhidrasi

Salah satu cara agar tetap terhidrasi adalah dengan minum air yang cukup. Cukup terhidrasi akan membantu lebih mudah berkonsentrasi dan menjaga fungsi otak.

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai pola makan yang baik maupun pertanyaan seputar nutrisi silahkan hubungi kami .

Sumber

7 Science-Based Health Benefits of Drinking Enough Water. 2020. Healthline
The Definitive Guide to Healthy Eating in Real Life. 2021. Healthline
Healthy Eating Your Whole Family Can Enjoy. 2021. Healthline