Susah Turuni Berat Badan? Berikut alasannya

Susah Turuni Berat Badan? Berikut alasannya

Kenapa ada orang yang mudah menurunkan berat badan dan ada yang sulit menurunkan berat badan? Berikut penjelasannya. 

Apakah Anda saat ini sedang mencoba menurunkan berat badan, namun angka timbangan tidak menunjukkan perubahan?  Sementara Anda sudah bersusah payah untuk diet hingga Anda merasa frustasi dan kehilangan semangat. Berikut pertanyaan yang mungkin Anda tanyakan mengapa berat badan Anda tidak turun dan penjelasannya:

1.       Apakah karena saya tidak makan sarapan?

Kemungkinan ya. Saat Anda melewatkan sarapan, maka Anda akan merasa lebih lapar di siang hari sehingga Anda mungkin akan konsumsi makanan yang lebih banyak di siang hari.

2.       Apakah karena saya makan menjelang jam tidur?

Makan menjelang jam tidur akan mengganggu rencana Anda untuk menurunkan berat badan.  Gula darah dan suhu tubuh akan meningkat dan tubuh akan kesulitan membakar kalori tersebut.

3.       Apakah karena saya kurang konsumsi  protein?

Protein adalah nutrisi yang penting untuk menurunkan berat badan. Konsumsi protein akan meningkatkan metabolisme dari tubuh dan mengurangi rasa ingin makan dan keinginan untuk jajan.

4.       Apakah karena saya tidak berolahraga?

Olahraga aerobic adalah olahraga yang dapat meningkatkan detak jantung yang berperan dalam meningkatkan kesehatan Anda. Selain itu akan efektif mengurangi lemak di tubuh dan lemak di rongga perut . Olahraga aerobic seperti berjalan, bersepeda dan berenang.

5.       Apakah karena saya mengalami stress?

Stress memungkinkan Anda susah menurunkan berat badan. Kondisi stress akan meningkatkan  keinginan Anda akan makanan dengan tinggi kalori dan tinggi lemak, selain itu tubuh akan lebih mudah menyimpan lemak pada saat kondisi Anda stress.

6.       Apakah karena jenis kelamin?

Perbedaan jenis kelamin dapat membuat perbedaan dalam bagaimana Anda menurunkan berat badan. Ada penelitian yang menyatakan bahwa  berat badan laki-laki lebih cepat turun, namun perempuan cenderung berhasil menurunkan berat badan dalam jangka waktu yang panjang.

7.       Apakah metabolisme yang lamban?

Ya. Metabolisme adalah proses yang membakar kalori yang dikonsumsi. Beberapa faktor yang memengaruhi bagaimana Anda membakar kalori yaitu usia dan jumlah makanan yang dikonsumsi.

8.       Apakah saya kurang beristirahat?

Ketika Anda kurang beristirahat maka Anda akan kesulitan untuk menurunkan berat badan dikarenakan metabolism akan menjadi lebih lamban. Selain itu Anda akan kekurangan energi jika tidak mendapatkan tidur yang cukup.

9.       Apakah ada pengaruh faktor genetik?

Mungkin. Beberapa orang memiliki tubuh yang lebih mudah membakar lemak daripada yang lain. Hal ini Anda dapatkan dari genetik orang tua maupun dari kakek dan nenek.

10.   Apakah karena kondisi kesehatan saya?

Beberapa kondisi kesehatan akan memengaruhi tubuh untuk menurunkan berat badan. Beberap hal yang menyebabkan masalah berat badan yaitu:

·         Gangguan makan seperti bulimia

·         Penyakit jantung

·         Gangguan hormon

·         Gangguan tidur

Jika Anda  mengalami beberapa kondisi  diatas dan Anda perlu menurunkan berat badan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi klinik.

Sumber

Why Can’t I Lose Weight. 2021. WebMD

20 Common Reasons Why You’re Not Losing as Much Weight as You Expected To. 2021. Healthline