Neuroma Akustik

Neuroma Akustik

Neuroma akustik dapat menyebabkan gejala seperti kehilangan pendengaran, telinga berdenging serta vertigo. Simak artikel berikut untuk mengenal mengenai neuroma akustik lebih lanjut.

Gambaran

Neuroma akustik, dikenal sebagai vestibular schwannoma adalah tumor non-kanker yang berada di otak. Tumor ini biasanya tumbuh dan berkembang perlahan pada saraf utama telinga yang mengarah dari telinga bagian dalam ke otak. Tumor dapat berkembang menjadi besar dan mengganggu pendengaran dan keseimbangan.

Gejala

Neuroma akustik biasanya tidak menimbulkan gejala pada awalnya. Tanda dan gejala ini biasanya terjadi karena pengaruh dari tumor bagian saraf pendengaran yang tumbuh.

Tanda dan gejala umum dari neuroma akustik meliputi:

  • Gangguan pendengaran yang berdampak pada satu telinga
  • Mendengar dering (tinnitus) yang terjadi dari dalam tubuh
  • Ketidakstabilan atau kehilangan keseimbangan
  • Pusing (vertigo)
  • Sakit kepala yang tidak kunjung sembuh
  • Penglihatan kabur
  • Wajah mati rasa atau kehilangan gerakan otot
  • Suara serak atau kesulitan menelan

Dalam kasus yang jarang terjadi, neuroma akustik dapat tumbuh cukup besar untuk menekan batang otak dan mengancam jiwa.

Kapan harus ke dokter?

Hubungi dokter jika merasakan kehilangan pendengaran pada satu telinga, telinga berdenging atau masalah dengan keseimbangan. Diagnosis dini mungkin membantu untuk menjaga tumor bertumbuh lebih besar dan menyebabkan dampak yang lebih serius seperti kehilangan pendengaran.

Penyebab

Penyebab dari neuroma akustik bisa dihubungkan dengan masalah gen pada kromosom 22. Gen ini menghasilkan protein penekan tumor yang mengendalikan pertumbuhan sel Schwann yang menutupi saraf. Penyebab masalah pada gen ini tidak diketahui.

Faktor Risiko

Faktor risiko dari neuroma akustik adalah memiliki orang tua dengan kelainan genetik langka neurofibromatosis tipe 2. Namun, neufibromatosis tipe 2 hanya menyumbang sekitar 5% dari kasus neuroma akustik.

Neurofibromatosis tipe 2 dikenal sebagai kelainan autosomal dominan, artinya mutasi dapat diturunkan hanya oleh satu dari orang tua (gen dominan). Setiap anak dari orang tua yang memiliki penyakit ini memiliki peluang 50-50 mengalami penyakit ini juga.

Sumber

Acoustic Neuroma. 2021. Mayo Clinic
Acoustic Neuroma (Vestibular Schwannoma). 2019. NHS