Mengenal Food Craving, Apa itu Food Craving?

Mengenal Food Craving, Apa itu Food Craving?

Apakah Anda sering merasa keinginan kuat untuk konsumsi makanan tertentu dan tidak bisa kendalikan? Hal ini disebut food craving. Berikut penjelasan mengenai food craving lebih lanjut. 

food craving

Food Craving adalah keinginan kuat untuk konsumsi suatu makanan spesifik. Makanan tersebut biasanya berbeda-beda pada setiap orang, biasanya makanan yang diinginkan adalah makanan tinggi gula, garam dan lemak yang tidak sehat. Keinginan yang muncul dari food craving ini tidak bisa ditahankan kecuali Anda mendapatkan makanan tersebut.

Faktor yang menyebabkan food craving dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti fisik atau mental. Penyebab dari food craving terbagi atas penyebab fisik dan mental.

1.       Penyebab fisik yaitu:

·         Faktor kehamilan. Hormon kehamilan akan memengaruhi reseptor penciuman dan perasa sehingga Anda akan memiliki keinginan lebih kuat untuk makan.

·         PMS (Premenstrual syndrome). Adanya perubahan hormone estrogen dan progesteron sehingga Anda lebih pengen makan makanan tertentu seperti makanan yang tinggi kalori.

·         Kekurangan tidur. Kualitas tidur yang tidak cukup atau kurang akan menggangu hormon yang mengatur rasa lapar, rasa kenyang, jam tidur hingga keinginan makan terutam di malam hari.

·         Pola makan yang tidak bernutrisi. Kekurangan protein dan serat akan menyebabkan Anda lebih mudah lapar dan keinginan makan lebih banyak.

 

2.       Penyebab mental yaitu:

·         Stress. Stress akan meningkatkan hormone kortisol Anda. Hormon ini memiliki peran untuk mengatur rasa lapar, keinginan makan, sehingga kecenderungan stress dan penyimpangan perilaku makan.

·         Suasana hati. Beberapa suasana hati akan menyebabkan keinginan konsumsi makanan tertentu misalnya jika berada dalam kondisi sedih Anda cenderung mencari makanan yang memberi rasa nyaman seperti masakan rumahan.

Food craving bisa menjadi tanda dalam beberapa hal seperti ketidakseimbangan hormon, diet yang tidak sehat, level stress yang tinggi maupun kekurangan aktivitas fisik. Pada beberapa kasus, hal ini menjadi tanda bahwa ada kondisi kesehatan yang mendasari. Jika Anda membutuhkan bantuan karena food craving Anda tidak terkendali, dokter dapat membantu Anda dalam memberikan pola makan yang sehat.

Sumber

What Do Food Cravings Mean? Facts and Myths, Explained. 2020. Healthline

What Causes Food Cravings? 2020. Medical News Today