Manfaat Journaling Bagi Kesehatan Mental

Manfaat Journaling Bagi Kesehatan Mental

Journaling memiliki berbagai manfaat bagi Anda terutama dalam kesehatan mental. Simak artikel berikut untuk mengetahui manfaat journaling lebih lanjut. 

Apakah Anda kadang merasa terlalu banyak pikiran dan kesulitan memahami emosi yang Anda rasakan? Anda dapat mencoba journaling.  Journaling adalah tindakan untuk menuliskan seluruh pikiran, perasaan, wawasan Anda ke dalam buku, komputer maupun telepon genggam.  Pada awalnya Anda mungkin akan kesulitan untuk memulai journaling, namun perlahan Anda dapat merasakan dampak positif tersebut.

Berikut manfaat dari journaling:

1.       Membantu mengurangi stress

Penelitian menunjukkan bahwa pasien, keluarga dan tenaga kesehatan merasakan jumlah stress yang berkurang dengan melakukan journaling.

2.       Mengurangi kecemasan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan  gangguan kecemasan dengan menulis sehingga menunjukkan ada perubahan suasana hati yang lebih baik setelah meluangkan waktu 15 menit sehari dalam seminggu selama 12 minggu untuk journaling.

3.       Meningkatkan kesadaran dan hidup di masa sekarang

Menuliskan perasaan Anda saat mengalami kesulitan dalam hidup akan membantu Anda merasa lebih baik, memahami kondisi serta memberi Anda kesempatan untuk berpikir dari sisi lain yang mungkin memberi Anda solusi.

4.       Meningkatkan kesehatan

Journaling akan membantu Anda dalam mengurangi jumlah stress dikarenakan kondisi kesehatan, tekanan darah menurun, suasana hati yang lebih baik dan perasaan damai.

5.       Membantu berhenti sejenak dari pikiran negatif

Saat Anda memiliki banyak pikiran terutama pikiran yang mengganggu Anda seperti pikiran negatif, ada baiknya Anda menuliskannnya sehingga Anda dapat melihat gambaran lain dari pemikiran Anda.

6.       Membantu meregulasi emosi

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mampu menuliskan perasaan yang dialami secara abstrak lebih menenangkan daripada menuliskannya dengan tertata dan teratur.  Banyak orang tidak mampu menggambarkan perasaan yang sedang dialami, hingga akhirnya perasaan tersebut akan terkubur dan akan meledak satu harinya ketika Anda tidak menyadarinya.

Anda dapat mulai memikirkan emosi yang Anda rasakan dan menyadari emosi yang dialami, dengan demikian, Anda akan lebih merasa lega dan mampu meregulasi emosi.

7.       Membantu Anda memahami diri sendiri

Menuliskan pikiran dan perasaan Anda akan membantu Anda memahami diri Anda sendiri. Seperti misalnya rasa marah yang Anda alami dikarenakan rasa tidak nyaman dengan seseorang maka sudah saatnya Anda melakukan batasan diri dan bertindak tegas untuk diri Anda atau perasaan sedih yang Anda alami menandakan Anda untuk mencari dukungan dari keluarga dan teman-teman yang Anda.

 

Jika Anda tidak merasakan perubahan dan manfaat dari journaling, Anda mungkin dapat mencoba hal lain untuk membantu kesehatan mental Anda seperti mencari bantuan dari professional.

 

Sumber

6 Journaling Benefits and How to Start Right Now. 2022. Healthline

Mental Health Benefits of Journaling. 2021. WebMD