Gout

Gout

Banyak sekali orang mengalami nyeri sendi. Salah satu penyebab nyeri sendi yang paling sering adalah gout. Yuk simak artikel berikut untuk mengetahui tentang gout lebih lagi.

Gambaran

Gout adalah bentuk umum dan kompleks dari arthritis yang dapat memengaruhi semua orang. Hal ini ditandai dengan serangan nyeri yang tiba-tiba dan parah, bengkak, kemerahan dan nyeri tekan pada satu atau lebih sendi, paling sering di jempol kaki.

Serangan asam urat bisa terjadi secara tiba-tiba, membangunkan Anda di tengah malam dengan sensasi jempol kaki terbakar. Sendi yang terasa panas, bengkak dan begitu lembut sehingga bahkan berat seprai di atasnya mungkin tidak tertahankan.

Gejala gout mungkin datang dan pergi tetapi ada cara untuk mengelola gejala dan mencegah kambuh.

Gejala

Tanda dan gejala gout biasanya selalu terjadi secara tiba-tiba, dan biasanya di malam hari, seperti:

  • Nyeri sendi yang intens. Gout biasanya memengaruhi jempol kaki dan juga dapat terjadi pada sendi manapun. Sendi lain seperti pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan dan jari. Rasa sakitnya paling parah dalam empat hingga 12 jam pertama setelah dimulai.
  • Ketidaknyamanan yang berkepanjangan. Setelah rasa sakit parah tersebut mereda, beberapa ketidaknyamanan sendi dapat berlangsung dari beberapa hari hingga beberapa minggu. Serangan selanjutnya biasanya bertahan lebih lama dan memengaruhi lebih banyak persendian.
  • Peradangan dan kemerahan. Sendi atau persendian yang terkena akan berubah menjadi bengkak, nyeri tekan, hangat dan merah.
  • Rentang gerak terbatas. Saat gout berlanjut, maka Anda tidak dapat menggerakkan persendian secara normal.

Kapan harus ke dokter?

Jika Anda mengalami nyeri sendi yang tiba-tiba dan intens, hubungi dokter. Gout yang tidak diobati dapat memperburuk rasa sakit dan kerusakan sendi. Segera cari perawatan medis jika Anda mengalami demam dan sendi terasa panas dan meradang, hal ini bisa menjadi tanda infeksi.

Penyebab

Gout terjadi ketika Kristal urat menumpuk di sendi dan menyebabkan peradangan dan nyeri yang intens ketika gout menyerang. Kristal urat akan terbentuk ketika Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi di darah. Tubuh akan menghasilkan asam urat yang kemudian memecah purin yaitu zat yang ditemukan secara alami di tubuh.

Asam urat biasanya larut di darah dan mengalir melalui ginjal ke dalam urin. Tetapi terkadang tubuh akan memproduksi terlalu banyak asam urat atau ginjal menghasilkan asam urat yang sedikit. Ketika hal ini terjadi, asam urat akan menumpuk, membentuk kristal urat yang tajam mirip jarum di sendi atau sekitar jaringan yang menyebabkan rasa sakit, peradangan dan pembengkakan.

Faktor risiko

Anda akan cenderung untuk mengalami gout jika memiliki asam urat yang tinggi di tubuh. Faktor-faktor yang meningkatkan kadar asam urat ditubuh seperti:

  • Diet. Makan makanan yang kaya akan daging merah, kerang dan minum minuman manis dengan perisa gula buah (fruktosa) akan meningkatkan kadar asam urat sehingga risiko terkena asam urat meningkat. Konsumsi alkohol, terutama bir juga meningkatkan risiko asam urat.
  • Berat badan berlebih. Jika Anda memiliki berat badan berlebih, tubuh akan memproduksi lebih banyak asam urat dan ginjal akan sulit menghilangkan asam urat.
  • Kondisi medis. Penyakit dan kondisi tertentu akan meningkatkan risiko asam urat seperti tekanan darah tinggi yang tidak diobati dan kondisi kronis seperti diabetes, obesitas, sindrom metabolic, penyakit jantung dan ginjal.
  • Obat-obatan tertentu. Aspirin dosis rendah dan beberapa obat yang digunakan untuk mengontrol hipertensi seperti diuretik thiazide, inhibitor enzim pengubah angiotensin (ACE) dan beta blocker juga dapat meningkatkan kadar asam urat. Begitu juga penggunaan obat penurun sistem imun untuk orang yang telah menjalani transplantasi organ.
  • Riwayat keluarga dengan gout. Jika anggota keluarga yang lain memiliki gout, Anda akan memiliki kemungkinan untuk mengalami penyakit tersebut.
  • Umur dan jenis kelamin. Gout lebih sering dialami oleh pria, hal ini sebabkan karena wanita cenderung untuk memiliki kadar asam urat yang rendah. Setelah menopause, kadar asam urat wanita akan mendekati kadar asam urat pria. Pria awalnya lebih mungkin mengalami asam urat biasanya antara usia 30 dan 50 tahun sedangkan wanita umumnya mengembangkannya setelah menopause.
  • Operasi atau trauma yang baru terjadi. Menjalani operasi atau trauma yang baru terjadi terkadang dapat memicu serangan asam urat. Pada sebagian orang, menerima vaksinasi dapat memicu serngan asam urat.

Bagaimana saya bisa mengelola asam urat saya dan meningkatkan kualitas hidup saya?

Gout mempengaruhi banyak aspek kehidupan sehari-hari, termasuk pekerjaan dan kegiatan rekreasi. Ada banyak strategi manajemen diri yang terbukti meningkatkan kualitas hidup penderita asam urat.

CDC merekomendasikan beberapa strategi manajemen diri untuk mengelola gout dan gejalanya. Makan makanan yang sehat.

Hindari makanan yang dapat memicu serangan asam urat, termasuk makanan tinggi purin (seperti diet kaya daging merah, jeroan, dan makanan laut), dan batasi asupan alkohol (terutama bir dan minuman keras).

    • Dapatkan aktif secara fisik.

Para ahli merekomendasikan agar orang dewasa melakukan setidaknya 150 menit per minggu aktivitas fisik sedang. Setiap menit aktivitas penting, dan aktivitas apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali. Aktivitas ringan dan sedang yang direkomendasikan termasuk berjalan, berenang, atau bersepeda. Aktivitas fisik yang teratur juga dapat mengurangi risiko berkembangnya penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

    • Bicaralah dengan dokter Anda.

Anda dapat memainkan peran aktif dalam mengendalikan radang sendi Anda dengan menghadiri pertemuan rutin dengan penyedia layanan kesehatan Anda dan mengikuti rencana perawatan yang Anda rekomendasikan. Ini sangat penting jika Anda juga memiliki kondisi kronis lainnya, seperti diabetes atau penyakit jantung.

    • Menurunkan berat badan.

Pada orang kelebihan berat badan atau obesitas dengan menurunkan berat badan dapat mengurangi tekanan pada sendi, terutama sendi yang menahan beban tubuh seperti pinggul dan lutut. Mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat dapat menghilangkan rasa sakit, meningkatkan fungsi, dan memperlambat perkembangan radang sendi.

Komplikasi

Asam urat dapat mengembangkan kondisi yang lebih parah seperti:

  • Asam urat berulang. Beberapa orang tidak mengalami tanda dan gejala gout lagi sementara beberapa orang ada yang mengalami gout selama beberapa kali tiap tahunnya. Pengobatan dapat membantu mencegah serangan gout pada beberapa orang dengan asam urat berulang. Jika tidak diobati, gout akan menyebabkan erosi dan destruksi dari sendi.
  • Asam urat tingkat lanjut. Gout yang tidak diobati akan menyebabkan kristal urat terbentuk dibawah nodul kulit yang disebut tophi?. Tophi dapat berkembang di beberapa area seperti jari tangan, tangan, jari kaki, siku atau tendon Achilles di sepanjang bagian belakang pergelangan kaki. Tophi biasanya tidak menyakitkan tetapi dapat membengkak dan melunak selama serangan gout.
  • Batu ginjal. Kristal urat akan terkumpul di saluran kemih orang yang memiliki gout dan menyebabkan batu ginjal. Pengobatan dapat membantu mengurangi risiko batu ginjal.

Sumber:
Gout. Mayo Clinic. 2021
Gout. CDC. 2021