Cara Mengurangi Kecemasan

Cara Mengurangi Kecemasan

Rasa cemas yang berlebihan dapat mengganggu aktivitas dan kesehatan Anda. Berikut cara untuk mengurangi rasa cemas.

Cemas adalah bentuk emosi yang ditandai dengan rasa ketakutan, kekhawatiran dan tidak nyaman. Rasa cemas akan muncul sebagai satu reaksi karena stress namun juga bisa terjadi tanpa penyebab yang jelas.

Rasa cemas yang dialami oleh setiap orang berbeda-beda. Ada yang mengalami kram perut, panic attack, mimpi buruk hingga pemikiran yang sangat mengganggu. Perasaan cemas dapat mengganggu kualitas kehidupan Anda baik rasa cemas yang bersifat sementara maupun yang bersifat permanen. bisa mengalami rasa cemas ini apakah bersifat sementara ataupun tetap.

Berikut langkah yang dapat Anda terapkan untuk mengurangi rasa cemas:

  • Usahakan aktif beraktivitas

Aktif beraktivitas seperti berolahraga dengan rutin akan mengalihkan fokus Anda dari hal yang mencemaskan Anda . Berolahraga akan meningkatkan detak jantung dan mendorong otak untuk mengeluarkan hormone serotonin yang membantu menstabilkan emosi

  • Jauhi alkohol dan rokok

Beberapa orang memilih untuk merokok maupun alkohol ketika sedang stress maupun cemas. Namun hal ini dapat memperparah rasa cemas seiringnya waktu.

  • Kurangi asupan kafein

Kafein akan memperparah rasa cemas yang Anda alami oleh karena itu ada baiknya membatasi asupan kafein. Perlahan kurangi asupan kafein Anda dengan mengganti kopi menjadi air putih.

  • Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup punya peran penting dalam kesehatan mental, salah satunya dengan meluangkan waktu untuk tidur 7 hingga 9 jam tiap harinya.

  • Berlatih mindful

Mindful adalah salah satu cara untuk berlatih menikmati pikiran masa kini tanpa menghakimi pikiran yang ada. Hal ini akan membantu Anda merasakan rasa nyaman dan memiliki kemampuan untuk mempertimbangkan semua pikiran dan perasaan.

  • Pola makan yang seimbang

Makanan yang mengandung perwarna buatan, perasa sintetik dan pengawat dapat menyebabkan perubahan emosi pada beberapa orang. Pola makan tinggi gula juga memengaruhi emosi seseorang.

Perhatikan pola makan Anda jika memburuk setelah memakan sesuatu. Jaga agar tubuh tetap terhidrasi, hindari makanan yang diolah, dan makanan makanan yang memiliki kandungan nutrisi seimbang.

  • Menulis jurnal

Menulis jurnal akan membantu Anda dalam memproses emosi dan pemikiran Anda. Perasaan positif akan timbul ketika Anda menulis sehingga akan mengurangi rasa cemas dalam hidup Anda.

Jika Anda merasakan bahwa semua hal diatas tidak membantu Anda, jangan ragu untuk meminta bantuan dari professional.

Sumber

10 Ways to Naturally Reduce Anxiety. 2021. Healthline
Alternative treatments for Anxiety. 2022. Healthline
Natural Ways to Stop Anxiety in Its Tracks. 2021. Healthline