Buah Baik Atau Buruk Bagi Kesehatan?

Buah Baik Atau Buruk Bagi Kesehatan?

Pernahkah terlintas di pikiran Anda jika sebenarnya buah itu baik atau buruk bagi kesehatan? Apalagi buah tergolong manis dan memiliki kandungan gula yang tinggi. Simak artikel berikut untuk mengenal buah baik atau buruk bagi kesehatan.

Apakah kita sering mendengar bahwa memakan banyak buah dan sayur itu sehat? Buah-buahan adalah makanan yang sehat bernutrisi dan memiliki berbagai manfaat kesehatan termasuk menurunkan risiko terkena penyakit. Meskipun demikian, apakah sempat terlintas di pikiran Anda, jika buah makanan yang manis dan tinggi gula, apakah hal ini masih tergolong sehat?

Berikut penjelasannya bahwa buah baik untuk kesehatan:

1. Mitos jika buah mengandung gula yang tidak sehat.

Ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa konsumsi gula yang berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh. Fruktosa diketahui bisa menyebabkan efek negatif jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Namun fruktosa yang ada di buah tidak membahayakan kesehatan karena sulit untuk mendapatkan jumlah yang banyak dari fruktosa buah.

2. Buah memiliki berbagai nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh

Tentunya buah mengandung lebih dari pada serat dan fruktosa. Buah mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh misalnya vitamin, mineral dan beberapa antioksidan. Beberapa buah mungkin memiliki vitamin dan mineral yang tidak bisa didapatkan dengan cukup seperti vitamin C, potassium dan folat.

3. Buah dapat mencegah beberapa masalah kesehatan

Buah menurut beberapa penelitian memiliki hubungan dengan risiko yang lebih rendah terkena serangan jantung dan stroke. Selain itu, dengan konsumsi buah dan sayur setiap harinya mengurangi risiko terkena penyakit jantung sekitar 7%.

Namun perlu diperhatikan pada beberapa orang harus menghindari buah jika memiliki kondisi khusus ataupun alergi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengganti buah, Anda dapat menghubungi dokter spesialis gizi.

Sumber

5 Myths About the Best Time to Eat Fruit (and the Truth). 2021. Healthline
How Much Fruit Should You Eat per Day? 2017. Healthline
Is Fruit Good or Bad for Your Health? The Sweet Truth. 2022. Healthline