Bagaimana Mengurangi Food Craving?

Bagaimana Mengurangi Food Craving?

Bagaimana mengurangi food craving? Berikut tips yang membantu Anda mengurangi food craving. 

Food craving sangat umum dialami oleh semua orang. Penelitian menunjukkan bahwa laki-laki cenderung memiliki keinginan akan makanan gurih dan asin sementara wanita cenderung ingin konsumsi makanan yang manis dan tinggi lemak.

Bagaimana cara mengurangi food craving? Berikut tipsnya:

1.       Kurangi level stress

Stress dan keinginan untuk makan dapat memengaruhi permasalahan kesehatan. Biasanya jika suasana hati sedang tidak baik, maka seseorang ingin untuk mendapatkan rasa tenang dari makanan yang dikonsumsi (comfort foods). Selain itu, stress diketahui dapat menaikkan berat badan bahkan tanpa food craving. Stress akan meningkatkan level hormon kortisol (hormon stress) yang meningkatkan lemak perut.

2.       Minum banyak air putih

Terkadang rasa lapar dan haus menyebabkan dua sensasi yang hampir sama, sehingga menyebabkan kebingungan. Beberapa orang bisa menemukan bahwa food craving dapat berkurang jika mereka tetap terhidrasi. Hal ini dikarenakan air akan menyebabkan rasa kenyang dan keinginan untuk food crave berkurang.

3.       Istirahat yang cukup

Penelitian menyebutkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang memengaruhi keinginan untuk makan dan kenaikan berat badan. Oleh karena itu, pada saat istirahat yang cukup, hormon stabil maka seseorang lebih mudah menurunkan berat badan.

4.       Pola makan yang sehat

Makan makanan yang sehat akan sangat baik untuk tubuh Anda. Konsumsi makanan yang bervariasi dari sayur-sayuran, buah-buahan dan daging agar Anda merasa kenyang dalam waktu yang lama karena makanan tersebut akan membutuhkan waktu untuk dicerna.

5.       Mengganti suasana lingkungan

Pada beberapa orang, keinginan kuat untuk food craving itu disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari. Contohnya kebiasaan melewati jalan yang menjual makanan cepat saji, akan mempermudah mereka untuk membeli makanan tersebut. Pada kondisi seperti ini, ada baiknya mencoba jalan yang lain saat pulang ke rumah dan menghindari toko yang menjual makanan cepat saji.

6.       Hindari rasa lapar

Perasaan lapar dapat menyebabkan seseorang menginginkan makanan “berat” dalam kalori seperti kentang goreng. Oleh karena itu, hindari makan disaat perut terasa sangat lapar.

 

Food craving sangat umum untuk dialami oleh setiap orang, namun food craving biasanya menimbulkan keinginan untuk konsumsi makanan yang tidak sehat yang akhirnya terjadi bertambahnya berat badan. Hal yang perlu diperhatikan yaitu menerapkan tips yang disebutkan diatas untuk mengurangi dapat dari food craving. 

Jika Anda tetap mengalami kesulitan dalam mengendalikan food craving, ingat bahwa ada bantuan professional yang bisa membantu Anda.

 

Sumber

11 Ways to Stop Cravings for Unhealthy Foods and Sugar. 2016. Healthline

Curb Your Food Cravings. 2021. Web MD

What causes food cravings? 2020. Medical News Today