7 Tips Mengendalikan Rasa Marah

7 Tips Mengendalikan Rasa Marah

Apakah Anda mengalami kesulitan dalam mengendalikan rasa marah? Berikut tips yang mungkin dapat membantu Anda. 

mengendalikan rasa marah

Rasa marah adalah perasaan yang normal dan dapat dikelola menjadi emosi yang positif dan membantu Anda melalui masalah-masalah yang dihadapi.

Namun amarah dapat menjadi masalah jika mengakibatkan pertengkaran. Pengendalian amarah sangat penting sebelum rasa marah meningkat dan berikut tips untuk Anda dalam mengendalikan rasa marah:

1.       Berhitung dalam hati

Saat Anda dalam keadaan marah, Anda dapat mulai berhitung maju atau mundur hingga 10. Jika Anda sangat marah maka Anda dapat berhitung hingga 100 dan melakukan teknik pernapasan. Pada saat Anda mulai berhitung maka detak jantung Anda akan melambat dan pelan-pelan rasa marah Anda akan hilang.

2.       Tenangkan diri sebelum berbicara

Setelah Anda berpikir dan menenangkan diri, Anda dapat mengutarakan perasaan frustasi Anda secara asertif. Bicarakan apa yang menjadi beban pikiran Anda dengan jelas tanpa menyakiti dan mengendalikan orang lain.

3.       Luangkan waktu untuk beristirahat sejenak

Pada saat Anda mengalami hari yang berat dan stress, berikan diri waktu sebentar untuk beristirahat. Istirahat yang tenang dan diam akan membantu Anda mengelola perasaan dan kondisi menjadi lebih baik.

4.       Olahraga

Aktivitas fisik diketahui dapat membantu menenangkan saraf dan mengurangi stress yang menyebabkan Anda marah. Jika Anda merasa marah semakin memuncak, maka pergi berjalan atau berlari atau habiskan waktu untuk aktivitas fisik lainnya seperti berenang dan yoga.

5.       Mencari solusi

Daripada memikirkan apa yang membuat Anda marah, lebih baik berpikir mengenai solusinya. Ingat bahwa beberapa hal diluar kendali Anda. Bersikap realistis mengenai apa yang bisa diubah, apa yang tidak bisa. Ingat bahwa kemarahan tidak akan memperbaiki apapun dan hanya akan memperburuk keadaan.

6.       Tidak memendam perasaan

Memaafkan adalah hal yang penting. Jika Anda mengizinkan rasa marah dan perasaan negatif lainnya mengalahkan perasaan positif. Memaafkan seseorang yang membuat Anda marah akan membantu Anda belajar dari situasi tersebut dan memperkuat hubungan Anda.

7.       Mencari pertolongan

Belajar mengendalikan amarah kadang-kadang bisa menjadi sebuah tantangan.  Segera cari bantuan jika kemarahan Anda tampaknya tidak terkendali seperti menyebabkan Anda melakukan hal-hal yang Anda sesali atau menyakiti orang-orang di sekitar Anda.

Jika Anda merasa kesulitan untuk mengendalikan rasa marah, maka pertimbangkan untuk berkonsultasi ke dokter.

Sumber

Anger.2022. NHS

Anger Management: 10 Tips to Tame Your Temper. 2022. Mayo Clinic

How to Control Anger: 25 Tips to Help You Stay Calm. 2019. Healthline