6 Cara Mengatasi Emosi disebabkan Kanker

6 Cara Mengatasi Emosi disebabkan Kanker

Hal yang sangat wajar seseorang merasa sangat emosional ketika mengetahui dirinya terkena kanker. Artikel ini dapat membantu Anda untuk mengendalikan emosi menjadi lebih baik.

1. Ungkapkan apa yang Anda rasakan

Anda dapat mencoba mengungkapkan perasaan yang kuat seperti marah, rasa sedih dan lainnya. Beberapa penderita kanker dapat memilih untuk membicarakan hal ini dengan teman atau keluarga, penyintas kanker yang lain, kelompok pendukung atau konselor. Anda juga dapat memilih untuk tidak membicarakan keadaan Anda dengan orang lain dan memilih perasaan yang Anda rasakan dengan memikirkannya atau menuliskannya.

2. Melihat sisi Positif

Anda dapat mencoba melihat sisi positif dari kondisi yang buruk atau mencoba untuk berharap yang terbaik daripada memikirkan hal yang buruk. Anda dapat mencoba untuk fokus pada hal yang baik dan berusaha untuk menjalankan hidup sehat.

3. Tidak menyalahkan diri karena kanker

Beberapa orang merasa bahwa mereka mengalami kanker karena tindakan yang mereka lakukan di masa lalu. Tetapi para ahli tidak mengetahui penyebab seseorang mendapat kanker dan yang lain tidak. Kondisi setiap tubuh berbeda-beda. Ingat, kanker dapat terjadi pada setiap orang.

4. Lakukan kegiatan yang membantu Anda bersantai

Beberapa cara dapat Anda lakukan untuk beristirahat sejenak seperti berolahraga, meditasi atau olahraga relaksasi. Hal ini akan membantu Anda yang mengalami cemas berlebihan.

5. Lakukan kegiatan yang disukai

Anda dapat melakukan kegiatan atau hobi yang Anda sukai seperti fotografi, membaca, kerajinan tangan, seni, main musik, menari ataupun menonton film.

6. Mencoba menjadi aktif

Keluar rumah dan mencoba untuk melakukan hal yang membantu Anda fokus pada hal lain selain kanker dan perasaan khawatir.