5 Mitos Mengenai Penurunan Berat Badan

5 Mitos Mengenai Penurunan Berat Badan

Banyak mitos yang beredar mengenai penurunan berat badan. Silahkan simak artikel berikut untuk mengetahuinya. 

penurunan berat badan

1.       Karbohidrat membuat Anda gemuk

Konsumsi karbohidrat dalam jumlah yang tepat dan seimbang tidak akan menyebabkan berat badan Anda bertambah. Karbohidrat yang utuh seperti gandum, nasi merah, roti dan kulit akan menambah asupan serat. Selama Anda menjaga asupan karbohidrat maka berat badan Anda tidak akan bertambah.

2.       Makanan diet dapat membantu menurunkan berat badan

Banyak makanan untuk diet adalah makanan cepat saji yang dikemas dengan label sehat. Namun, Anda harus memperhatikan bahwa jika kemasan makanan tersebut menuliskan label sehat maka ada kemungkinan sebaliknya.

3.       Tidak mengemil dapat menurunkan berat  badan

Mengemil tidak menjadi masalah dalam menurunkan berat badan namun yang menjadi permasalahan utama adalah jenis cemilan. Jika Anda memilih untuk mengemil maka pilih cemilan yang sehat seperti buah ataupun sayuran daripada coklat dan snack lainnya yang tinggi gula, lemak dan garam.

4.       Suplemen membantu menurunkan berat badan

Saat ini banyak beragam suplemen penurun berat badan yang dipasarkan. Namun menurut penelitian, biasanya suplemen tersebut tidak begitu efektif. Hal ini dikarenakan efek placebo yaitu, seseorang menyakini bahwa suplemen itu membantu menurunkan badan sehingga mereka lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Suplemen yang baik adalah yang membantu Anda menurunkan sedikit berat badan selama beberapa bulan atau Anda dapat berkonsultasikan terkait suplemen yang aman dengan dokter.

5.       Diet tidak makan bisa membantu menurunkan berat badan

Ide ini tidaklah bagus. Jika Anda berencana untuk menurunkan berat badan, Anda harus menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi dan meningkatkan kalori yang diukur selama olahraga. Diet tidak makan tidaklah bagus karena Anda akan merasakan kelelahan serta kekurangan nutrisi penting. Selain itu dengan tidak makan akan meningkatkan keinginan seseorang untuk makan lebih banyak dan konsumsi makanan yang cenderung tinggi kalori dan manis.

 

Sumber

Top 12 Biggest Myths About Weight Loss. 2019. Healthline

10 Weight Loss Myths. 2021. NHS