10 Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan

10 Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan

Oatmeal adalah makanan yang penuh nutrisi yang baik bagi tubuh. Artikel berikut akan menjelaskan tentang manfaat oatmeal bagi kesehatan.

Oatmeal adalah salah satu makanan sehat yang digemari oleh kalangan masyarakat terutama ketika melaksanakan diet. Asupan nutrisi yang cukup lengkap dalam oatmeal menjadikan oatmeal makanan yang bergizi. Selain dapat membantu proses diet secara sehat, diketahui oatmeal juga memiliki berbagai manfaat lainnya.

Berikut 10 manfaat konsumsi oatmeal bagi kesehatan:

1. Memiliki berbagai kandungan bernutrisi

Kandungan dalam oatmeal lumayan seimbang. Oatmeal merupakan sumber yang baik akan karbohidrat dan serat. Dalam satu gelas oatmeal akan memiliki kandungan magnesium, zat besi, folat, dan beberapa vitamin.

2. Tinggi antioksidan

Diketahui oatmeal memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dinamakan polifenol. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang ada pada oatmeal yaitu avenanthramides dapat menurunkan kadar gula garah dan memiliki efek anti inflamasi dan gatal.

3. Mengandung serat yang larut

Oatmeal mengantung beta-glukan yaitu jenis serat yang larut dalam air. Beta-glukan jika terkena air akan membentuk satu kumpulan mirip gel di dalam usus. Beta-glukan diketahui dapat mengurangi kadar kolesterol LDL di dalam tubuh, mengurangi kadar gula darah, membantu mempercepat rasa kenyang di tubuh, serta meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat di saluran pencernaan.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa oatmeal dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga risiko akan penyakit jantung akan berkurang. Kandungan dalam oat yaitu beta-glukan, diketahui efektif menurunkan kadar kolesterol. Beta-glukan akan menyerap kandungan lemak dan kolesterol sehingga makanan yang dikonsumsi akan mengental.

5. Memperbaiki kadar gula

Oat dapat membantu menurunkan kadar gula terutama pada orang yang mempunyai berat badan berlebih atau memiliki diabetes tipe 2. Hal ini bisa dikarenakan kandungan beta-glukan dalam oatmeal yang membantu menunda penyerapan glukosa dalam tubuh.

6. Membantu menurunkan berat badan

Oatmeal dapat membantu mengurangi konsumsi kalori dan menurunkan berat badan. Oatmeal akan menunda rasa lapar sehingga perut akan merasa lebih kenyang. Selain itu, kandungan oatmeal akan melepaskan hormone peptide yaitu hormone yang dihasilkan dari usus yang dapat membantu mengurangi penyerapan kalori dan mengurangi risiko obesitas.

7. Merawat kulit

Beberapa produk kecantikan memiliki kandungan oatmeal di dalamnya, salah satunya yaitu produk perawatan kulit untuk penderita eczema. Hal ini dikarenakan oatmeal akan mengurangi gejala eczema.

8. Menurunkan risiko asma

Oatmeal diketahui dapat menurunkan serta mencegah risiko terkena asma pada anak-anak.

9. Membantu meringankan konstipasi.

Setiap orang pasti pernah mengalami konstipasi. Lapisan luar kandungan oatmeal diketahui dapat meringankan konstipasi pada orang dewasa.

10. Menurunkan risiko terkena kanker kolorektal

Oatmeal dapat mengurangi risiko terkena kanker kolorektal. Salah satunya karena kandungan dalam oat yaitu beta-glukan dan kandungan antioksidan yang dapat menekan pertumbuhan dari kanker.

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai nutrisi, Anda dapat menghubungi kami .

Sumber:

9 Health Benefits of Eating Oats and Oatmeal. 2022. Healthline
Oats 101: Nutrition Facts and Health Benefits. 2019. Healthline
9 Health and Nutrition Benefits of Oat Bran. 2019. Healthline