Apakah Kanker diturunkan?

Kanker adalah penyakit yang terjadi dikarenakan pertumbuhan sel abnormal tidak terkendali di dalam tubuh. Pertumbuhan abnormal ini sebabkan karena adanya perubahan mutasi gen pada sel.

Beberapa jenis kanker diturunkan pada keluarga tertentu, tetapi kebanyakan kanker tidak berhubungan jelas dengan gen yang didapatkan dari orang tua. Perubahan gen yang terjadi di sel pada kehidupan seseorang yang menyebabkan kanker.

Gen dan kanker

Perkembangan teknologi dan informasi telah meningkatkan pengetahuan mengenai cara kerja sel. Sel bergabung untuk membentuk organ di tubuh seperti jantung, hati dan kulit. Tubuh manusia mempunyai beberapa sistem organ.

Kanker dimulai ketika gen di sel menjadi abnormal sehingga sel mulai berkembang dan membelah dengan tidak terkendali.

Kanker dapat terjadi pada siapapun sehingga tidak mengherankan ketika beberapa anggota keluarga terkena kanker. Jenis-jenis tertentu dari kanker sepertinya diturunkan di beberapa keluarga. Tetapi hanya beberapa porsi kecil dari kanker yang diturunkan. Hal ini disebabkan karena beberapa anggota keluarga memiliki perilaku dan paparan yang meningkatkan risiko kanker seperti merokok. Risiko kanker lainnya juga dipengaruhi beberapa faktor seperti obesitas yang cenderung diturunkan pada beberapa keluarga.

Tetapi pada beberapa kasus tertentu pada kanker, kanker disebabkan oleh gen abnormal yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Untuk informasi lanjut mengenai kanker dan pengobatannya, Anda dapat menghubungi kami.

Sumber
Common Questions About Causes of Cancer. Cancer. 2020
Genetics and Cancer. Cancer. 2014