Apa Yang Harus Saya Katakan Ke Anak Mengenai Kanker?

Berikut tips untuk orang tua dengan anak yang mengalami kanker. Penyampaian informasi mengenai penyakit anak dapat disesuaikan dengan usia dan pemahamannya. Simak artikel berikut untuk informasi lebih lanjut.

Tips Untuk Orang Tua dengan Anak Penderita Kanker

Informasi mengenai penyakit anak ada baiknya disesuaikan dengan usianya dan pemahamannya. Umumnya anak-anak membutuhkan informasi yang singkat dan jelas dan mudah dipahami. Bantu anak untuk mengetahui apa yang bisa dia harapkan dari pengobatan kanker, dan apa yang akan dirasakan disaat perawatan termasuk rasa sakit. Selain itu, Anda dapat bercerita mengenai obat dan perawatan telah membantu banyak anak lain untuk sembuh.

Sebelum memberitahu anak, hal dapat Anda persiapkan yaitu:

  • Konsultasi ke dokter dan perawat sebelum berbicara ke anak. Dokter maupun perawat akan membantu Anda mempersiapkan bahan dan jawaban dari pertanyaan anak.
  • Berlatih atau menulis bahan sebelum membicarakannya ke anak
  • Mencoba mengatakan “Saya memiliki kanker” ke diri sendiri agar Anda dapat terlihat tenang ketika mengatakannya ke anak
  • Mempersiapkan bahan dan perlengkapan yang dapat membantu Anda saat berbicara, misalnya alat bantu peraga maupun gambar.

 

Sumber
Support for Families When a Child Has Cancer. Cancer. 2021
Talking to Children About Cancer. Cancer Research UK. 2022