8 Makanan Yang Dapat Membuat Kulit Glowing dan Sehat

Kulit yang sehat dan glowing merupakan impian dari semua orang. Apakah Anda tahu bahwa selain merawat kulit dari luar, Anda juga dapat merawat kulit dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang? Artikel berikut akan membahas mengenai beberapa makanan yang dapat membuat kulit menjadi sehat dan glowing.

Kulit yang sehat berasal dari dalam tubuh. Menggunakan produk skincare dapat mengatasi masalah kulit di permukaan kulit, tetapi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang akan membuat kulit dan tubuh menjadi lebih sehat.

Untuk memiliki kulit yang sehat dan glowing, kita perlu mengkonsumsi berbagai nutrisi makanan dan mengurangi konsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membuat kulit kita menjadi sehat dan glowing:

1. Ikan

Ikan seperti salmon dan sarden adalah sumber yang omega 3 yang dapat membantu kulit Anda terlihat lembut dan cerah. Omega 3 juga dapat meredakan peradangan, kemerahan, dan jerawat.

Ikan juga mengandung vitamin E dan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit dari iritasi dan radikal bebas yang dapat membuat kulit Anda lebih cepat menua.

Protein dan zink merupakan nutrisi yang terdapat pada ikan yang dapat membantu dalam regenerasi sel kulit.

2. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat yang membantu kulit tetap lembab dan kencang.

Alpukat juga mengandung vitamin C dan E-2 yang berperan penting dalam mendapatkan kulit yang sehat. Kandungan yang terdapat di alpukat dapat menghaluskan kulit.

Selain itu alpukat kaya akan biotin. Biotin adalah vitamin B yang membantu kulit dan rambut sehat. Kekurangan biotin dapat mengakibatkan masalah pada kulit seperti jerawat, kemerahan, dermatitis, dan psoriasis.

3. Kenari

Kacang adalah cemilan bergizi yang enak. Kenari mengandung vitamin E, vitamin C, zink, dan selenium yang membantu kesehatan kulit .

Kenari mengandung omega 3 dan omega 6 yang lebih tinggi dibandingkan dengan kacang-kacangan lain, hal ini membuat kenari menjadi pilihan yang lebih sehat dibandingkan kacang lain. Akan tetapi, porsi yang dianjurkan untuk kenari adalah ΒΌ gelas per hari. Makan kacang yang berlebih dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

4. Biji bunga matahari (Kuaci)

Biji-bijian dan kacang-kacangan adalah cemilan yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Kuaci merupakan pilihan makanan yang baik untuk kulit karena mengandung vitamin E, selenium dan zink.

5. Wortel

Wortel kaya akan vitamin A yang dapat menyembuhkan luka bakar, dan kerutan pada wajah. Vitamin A juga berfungsi untuk membuat kulit lebih cerah. Selain itu, vitamin A yang kaya akan betakaroten dapat melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari.

Vitamin A bisa ditemukan dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan wortel. Tubuh kita akan mengubah beta karoten menjadi vitamin A untuk melindungi kulit kita dari bahaya sinar matahari.

Provitamin A juga dapat ditemukan pada jeruk, bayam, ubi jalar, labu kuning, paprika, dan brokoli.

6. Kedelai

Kedelai mengandung isoflavon yang mengurangi estrogen dalam tubuh sehingga kerutan berkurang dan elastisitas wajah meningkat.

Pada perempuan yang sudah tidak menstruasi akan mendapat keuntungan dari isoflavon karena dapat mengurangi kulit kering dan meningkatkan produksi kolagen yang membantu tekstur kulit. Isoflavon juga dapat menjaga kulit kita dari sinar UV yang membantu dalam mencegah kanker kulit.

7. Cokelat hitam

Cokelat hitam sangat bermanfaat untuk kulit. Hal ini karena cokelat mengandung antioksidan. Antioksidan ini dapat melembapkan dan menghaluskan kulit serta melancarkan peredaran darah ke kulit.

8. Teh hijau

Teh hijau dapat menjaga kulit terhadap stressor luar dan penuaan. Hal ini karena teh hijau mengandung antioksidan yang banyak dan katekin yang melindungi kulit, mengurangi kemerahan, meningkatkan kelembapan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Kandungan yang ada di the hijau juga dapat menurunkan jumlah minyak (sebum) yang diproduksi tubuh, sehingga the hijau adalah pilihan yang tepat untuk mengobati jerawat.

Jika teh hijau di campur dengan susu dapat berakibat menurunnya efek antioksidan yang ada di kandungan teh hijau.

Tips tambahan untuk kulit sehat

Jangan lupa untuk tetap melembapkan kulit Anda karena air berperan besar dalam kesehatan kulit. Air akan memastikan kulit memiliki kelembapan yang cukup sehingga mengurangi munculnya kerutan wajah. Air juga berfungsi untuk membantu penyerapan nutrisi, pembuangan racun dan memperlancar sirkulasi darah.

Selain menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi, penting juga untuk menjaga kebersihan kulit. Seperti tidak menyentuh wajah Anda sebelum mencuci tangan terlebih dahulu. Rajin untuk mencuci muka secara menyeluruh untuk memastikan tetap terjaga bersih.

Jika Anda membutuhkan konsultasi dengan dokter kulit, Anda dapat menghubungi kami .

Sumber

The 12 Best Foods for Healthy Skin. 2020. Healthline
Foods for Healthy. Supple Skin. 2022. WebMD