12 Cara Mengurangi Stress

Stress adalah reaksi normal yang terjadi pada seseorang. Perasaan yang timbul dapat seperti frustasi, marah dan terdesak. Namun stress dapat menjadi kondisi kronis jika tidak dikelola dengan baik. Berikut 12 tips cara mengurangi stress.

Setiap orang akan mengalami stress setiap harinya, entah itu permasalahan kerja, keluarga, pertemanan, keuangan dan sebagainya. Mengurangi stress adalah hal penting yang dapat dilakukan.

Namun apakah stress membuat Anda lebih sensitif dan frustasi?

Beberapa cara berikut diyakini dapat mengurangi stress:

1. Aktivitas fisik

Jika Anda merasakan tekanan yang berat dalam kehidupan sehari-hari, usahakan untuk tetap melakukan aktivitas fisik sehari-hari dengan aktif. Aktivitas fisik dapat menurunkan tingkat stress dan memperbaiki emosi. Mulai dengan aktivitas fisik yang ringan seperti bersepeda ataupun berjalan.

2. Konsumsi makanan sehat

Apa yang kita konsumsi akan memengaruhi kesehatan kita termasuk kesehatan mental. Makan makanan yang bergizi dan sehat akan memperkaya gizi yang ada di tubuh sementara makanan yang diolah dan memiliki gula berlebih akan berisiko lebih rentan terhadap tingkat stress yang lebih tinggi.

3. Kurangi penggunaan telepon genggam

Diketahui bahwa telepon genggam, computer, dan alat elektronik lainnya jika digunakan dengan berlebihan akan meningkatkan kadar stress di dalam tubuh. Selain itu, waktu layar yang lama juga dapat memengaruhi kualitas tidur hingga meningkatkan kadar stress seseorang.

4. Penuhi kebutuhan vitamin

Beberapa vitamin dan mineral memiliki peran dalam menghadapi stress dan mengatur emosi. Kekurangan nutrisi yang diperlukan dapat memengaruhi kesehatan mental dan kemampuan mengatasi stress. Suplemen seperti magnesium, rhodiola, vitamin B dan L-theanine diketahui dapat membantu mengurangi stress namun perlu diperhatikan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter karena tidak semua suplemen aman dan baik untuk semua orang.

5. Self-Care

Luangkan waktu untuk merawat diri akan mengurangi kadar stress Anda. Perawatan diri akan meningkatkan kualitas hidup dan menurunkan tingkat stress. Perawatan diri tidak merumitkan, cukup lakukan hal seperti:

  • Luangkan waktu untuk berjalan
  • Mandi
  • Menyalakan lilin
  • Membaca
  • Olahraga
  • Mempersiapkan makanan sehat
  • Melakukan peregangan sebelum tidur
  • Mel
  • akukan hobi
  • Mendengar atau bermain musik
  • Menulis jurnal

6. Kurangi asupan kafein

Kopi, teh, cokelat dan minuman energi mengandung kafein. Konsumsi kafein yang terlalu banyak dapat memperparah dan meningkatkan perasaan cemas serta mengganggu waktu tidur. Perlu diperhatikan kadar toleransi dari kafein.

7. Habiskan waktu dengan teman dan keluarga

Mempunyai dukungan dari teman-teman dan keluarga akan membantu Anda menghadapi masa sulit. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu mengurangi waktu di sosial media dan diganti untuk berkumpul bersama dengan teman dan keluarga. Jika Anda merasa sendirian dan tidak mempunyai teman, Anda dapat mencoba untuk mengikuti klub olahraga ataupun menjadi sukarelawan.

8. Buat batasan dan belajar mengatakan tidak

Beberapa hal dapat meningkatkan stress Anda terutama jika Anda selalu mengatakan iya kepada hal yang tidak dapat Anda lakukan. Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi kegiatan ataupun beban kerja dengan mengatakan tidak dan lakukan batasan terhadap hal yang telah banyak menghabiskan waktu Anda. Melakukan batasan dan mengatakan tidak adalah cara untuk mempertahankan diri Anda tetap sehat secara mental.

9. Tidak menunda hal yang seharusnya dilakukan

Salah satu cara selain mengendalikan stress, Anda dapat melakukan prioritas utama dan menghindari menunda. Menghindari tangung jawab dan menunda kegiatan yang seharusnya dilakukan akan memperburuk produktivitas Anda, dan lambat laun akan memengaruhi kesehatan dan kualitas tidur Anda. Salah satu cara agar tidak menunda melakukan segala sesuatu adalah membuat list to do list. Tuliskan apa yang harus Anda lakukan dan batas akhir pengerjaannya.

10. Habiskan waktu di alam

Luangkan waktu untuk menikmati suasana alam dapat mengurangi stress. Jika Anda kesuilitan untuk menghabiskan waktu naik gunung dan berkemah, Anda dapat mencoba mengunjungi taman kota.

11. Habiskan waktu dengan hewan peliharaan

Memiliki hewan peliharaan dapat mengurangi stress dan meningkatkan emosi Anda. Tubuh akan menghasilkan hormone oksitosin yaitu hormon yang berhubungan dengan emosi positif ketika Anda memeluk ataupun menyentuh hewan peliharaan Anda.

12. Tidur yang cukup

Jika mengalami stress, maka tubuh akan kesulitan untuk tidur. Jika hal ini terjadi tiga kali dalam seminggu selama 3 bulan, maka Anda memiliki insomnia. Kekurangan tidur akan meningkatkan level stress. Usahakan untuk selalu mendapatkan tidur yang cukup.

Stress yang dapat dikelola dengan baik tentunya tidak akan menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari Anda namun jika Anda telah melakukan banyak cara untuk mengurangi stress tetapi Anda masih mengalami kesulitan, jangan segan dan ragu untuk mendapatkan bantuan professional untuk meningkatkan kesehatan mental Anda.

Sumber:

15 Simple Ways to Relieve Stress. 2022. Healthline
5 Tips to Manage Stress. 2018. Mayo Clinic Health System
Ways to Manage Stress. 2021. WebMD