10 Tips Ini Akan Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Melakukan diet untuk menurunkan berat badan tentunya dapat dilakukan dengan mudah dan sehat. Berikut 10 tips menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.


1. Jangan hindari sarapan

Tidak memakan sarapan tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan. Beberapa nutrisi penting dapat hilang, dan menyebabkan Anda lebih mudah lapar sehingga Anda akan cenderung untuk mengemil sepanjang hari.

2. Makan dengan teratur

Makan pada waktu yang teratur akan membantu kalori lebih cepat terbakar. Hal ini juga dapat menjaga keinginan untuk mengemil.

3. Banyak konsumsi buah dan sayur

Melibatkan buah dan sayuran cukup penting untuk rencana menurunkan berat badan. Kandungan yang ada di buah dan sayur yaitu rendah kalori, lemak dan tinggi serat serta vitamin dan mineral berperan dalam penurunan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur, berat badannya akan cenderung menurun.

4. Aktif beraktivitas fisik

Kunci menurunkan berat badan lainnya yaitu dengan aktif beraktivitas fisik. Berolahraga dengan aktif akan memberi banyak manfaat kesehatan dan membakar kalori yang berlebihan.

5. Minum air yang banyak

Rasa haus mungkin akan muncul bersamaan dengan rasa lapar. Untuk mengatasi hal ini, usahakan ketika haus meminum air putih daripada konsumsi minuman manis atau hal lain yang dapat menambah kalori. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa meminum air dapat membantu menurunkan berat badan karena air dapat meningkatkan kalori yang akan dibakar tubuh sekitar 24-30% setelah satu jam.

6. Konsumsi makanan yang tinggi serat

Makanan yang memiliki serat yang tinggi akan membantu meningkatkan rasa kenyang di perut. Rasa kenyang yang bertahan lama sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Serat dapat ditemukan pada buah dan sayuran, gandum, roti gandum, nasi merah, pasta dan kacang-kacangan. Selain itu, serat diketahui adalah makanan yang baik untuk bakteri di saluran pencernaan.

7. Baca label makanan

Sebelum membeli makanan ataupun sebelum mengonsumsi makanan, ada baiknya Anda membaca label makanan terlebih dahulu. Label makanan akan memberitahu Anda mengenai informasi kalori beserta kandungan didalamnya sehingga Anda dapat menentukan makanan yang cocok untuk rencana penurunan berat badan Anda.

8. Menggunakan piring yang lebih kecil

Piring yang lebih kecil akan membantu Anda menahan diri mengonsumsi makanan dalam jumlah yang besar seperti yang disebut oleh beberapa penelitian. Selain itu, piring yang kecil akan membantu Anda makan dengan perlahan dan bertahap.

9. Rencanakan makanan Anda

Agar rencana menurunkan berat badan berhasil, ada baiknya Anda mencoba melakukan perencanaan mengenai rencana makan Anda. Rencanakan sarapan, makan siang, makan malam, dan cemilan yang akan Anda konsumsi.

10. Simpan makanan dan cemilan yang sehat

Makanan junk food cepat saji seperti cokelat, biskuit, keripik dan minuman bersoda, ada baiknya tidak disimpan di rumah. Sebaiknya pilih makanan atau cemilan yang sehat seperti buah, kue gandum, yogurt, kacang-kacangan, telur dan jus buah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan menyimpan makanan yang sehat akan memengaruhi kebiasaan makan dan berat badan.

Jika Anda sudah melakukan semua tips berikut namun tidak berhasil, mungkin Anda membutuhkan bantuan dari dokter spesialis gizi klinik .

Sumber

12 Tips to Help You Lose Weight. 2019. NHS
11 Proven Ways to Lose Weight Without Diet or Exercise. 2018. Healthline
30 Easy Ways to Lose Weight Naturally (Backed by Science). 2022. Healthline